TREN TEKNOLOGI DI MASA DEPAN

Posted by Taufik Masrizal Tuesday 14 November 2017 3 comments
Hallo selamat datang di blog saya kali ini saya akan membahas tentang berbagai macam teknologi yang akan berkembang di masa depan. Sebelum kita mulai untuk membahas nya kalian pasti tau apa itu teknologi ?

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi telah mempengaruhi masyarakat dan sekelilingnya dalam banyak cara. Di banyak kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global masa kini) dan telah memungkinkan bertambahnya kaum senggang. Banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak dikehendaki, yang disebut pencemar, dan menguras sumber daya alam, merugikan, dan merusak Bumi dan lingkungannya. Berbagai macam penerapan teknologi telah memengaruhi nilai suatu masyarakat, dan teknologi baru seringkali mencuatkan pertanyaan-pertanyaan etika baru. Sebagai contoh, meluasnya gagasan tentang efisiensi dalam konteks produktivitas manusia, suatu istilah yang pada awalnynya hanya menyangkut permesinan, contoh lainnya adalah tantangan norma-norma tradisional.

Nah untuk teknologi dizaman sekarang ini ialah fenomena internet dimana semua orang bebas untuk mengakses internet dimana pun dan kapanpun dengan mudah tanpa ada batasan umur salah satunya dari internet yang lagi booming dizaman-zaman sekarang ini ialah seperti online shop atau berbelanja melalui teknologi internet dimana si customer tidak usak repot-repot untuk mendatangi toko cukup dengan menggunakan hp smartphone nya mereka bisa langsung melakukan transaksi jual beli dengan cepat dan terjangkau.

Lalu bagaimana tren-tren teknologi di masa depan nanti ? ya tentu akan lebih canggih dari saat ini contohnya ialah :
1.      Internet of Things
Kekuatan sistem Internet of Things (IoT) diprediksi akan terus berkembang dan menjadi lebih populer di berbagai tempat, temasuk rumah, kantor, pabrik hingga fasilitas medis. Forbes pun mencatat bahwa IoT sangat mungkin untuk mengembangkan teknologi rumah pintar. Dengan begini, kamu bisa mengecek kondisi rumah setiap saat meskipun saat ditinggalkan dalam kondisi kosong.

2.      VR dan AR
Saat ini, teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) memang sudah menjadi sorotan. Hal ini tampak dari banyaknya aplikasi dan permainan VR maupun AR yang telah tersedia hingga dirilisnya Oculus Rift yang mendapat sambutan positif. SpAcer bahkan bisa melihat fenomena salah satu game AR, Pokemon Go, yang booming dengan lebih dari 100 juta download. Sejumlah kalangan memprediksi VR dan AR akan terus berkembang di berbagai sektor di 2017.

3.      Intelligent Apps
Intelligent Apps (IA) atau aplikasi pintar dapat mempermudah kehidupan kita. Contohnya, virtual personal assistants (VPAs) yang diprediksi dapat mengubah keadaan kantor dengan kemampuannya membantu mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Gartner, sebuah perusahaan riset teknologi informasi, bahkan memperkirakan ada 200 perusahaan di dunia akan mulai mengeksploitasi IA untuk memperbaiki sistem penawaran suatu produk dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

4.       3D Printer
Mungkin sudah banyak benda yang berhasil dicetak dengan printer 3D. Namun, sebuah studi yang dilakukan Spiceworks mengenai tren teknologi baru di masa depan menyebutkan bahwa akan lebih banyak organisasi atau perusahaan yang berencana untuk menggunakan printer 3D dalam lima tahun ke depan. Rata-rata perusahaan/organisasi tersebut berada di bidang manufacturing dan pendidikan.

5.       Everything on-Demand
Berkat Uber dan startup sejenisnya, kamu mulai terbiasa untuk memesan segala sesuatu melalui aplikasi ponsel. Dan tampaknya di tahun depan, aplikasi seperti ini akan berkembang lebih jauh. Hal ini terlihat dari ribuan aplikasi yang telah tersedia untuk jasa angkutan, pengiriman makanan bahkan tempat untuk menginap.

6.      Intelligent Things
Intelligent things (IT) atau benda-benda cerdas, seperti robot, drone, dan kendaraan otonom akan memasuki fase bisnis baru. David Carley dari Gartner memberi contoh adanya penggunaan robot di berbagai sektor, seperti sistem robot di swalayan Lowe yang melayani konsumen saat berbelanja. Selain itu, penggunaan robot di  fasilitas pariwisata dan hiburan juga akan meningkat.

7.      Mobil masa depan
Saat ini mobil dengan perangkat teknologi digital dan bertenaga istrik telah berkembang sangat baik. Namun pada 2016 beberapa perusahaan otomotif akan mengembangkan mobil dengan autopilot, tanpa sopir dalam arti mobil mampu menyetir sendiri. 
Pada saat yang sama beberapa produsen mobil mewah ternama seperti Audi, Mercedes, BMW, Ford bahkan VW group telah menyiapkan sistem mobil autopilot ini. Untuk mobil listrik, berbeda pada pameran CES sebelumnya hanya sebatas mobil konsep. 
Kali ini mobil listrik yang dipamerkan akan lebih familiar dan terjangkau bagi masyarakat. Termasuk beberapa produsen dari Cina yang mulai melirik teknologi mobil listrik terjangkau.

8.       Internet yang semakin baik untuk kesehatan
Berbeda dengan penggunaan internet bagi perangkat realitas virtual dan rumah pintar, seluruh perangkat aplikasi internet bisa dihubungkan melalui tubuh untuk mengecek kesehatan pengguna internet. Perangkat gadget dengan koneksi internet nanti mampu memantau kadar glukosa darah, rincin pola tidur, bahkan zat kimia berbahaya dalam tubuh. 

Teknologi cloud computing
Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.
Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud


Teknologi mobile computing
adalah kemampuan teknologi untuk menghadapi perpindahan/pergerakan manusia dalam penggunaan komputer secara praktis. Dari pengertian ini kita dapat menyimpulkan bahwa Mobile Computing saat ini memang sangat dibutuhkan, mengingat kebutuhan penggunaan komputer saat ini pun sangat tinggi, sehingga penggunaan Mobile Computing dapat memudahkan para pemakai komputer dalam melakukan segala aktifitasnya dengan menggunakan komputer.
Ubiquitous computing
Ubiquitous computingdapat didefinisikan sebagai penggunaan komputer yang tersebar di mana user berada. Sejumlah komputer disatukan dalam suatu lingkungan dan tersedia bagi setiap orang yang berada di lokasi tersebut. Setiap komputer dapat melakukan pekerjaan yang dipersiapkan untuk tidak banyak melibatkan intervensi manusia atau bahkan tanpa harus mendeteksi di mana pemakai berada.  Ide ubiquitous computing pertama kali disampaikan oleh Mark Weiser (1998) di Laboratorium Komputer Xerox PARC, yang membayangkan komputer dipasangkan di dinding, di permukaan meja, di setiap benda sehingga seseorang dapat berkomunikasi dengan ratusan komputer pada saat yang sama. Setiap komputer secara tersembunyi diletakkan di lingkungan dan dihubungkan secara nirkabel.
Nano Science
Nanosains (nanoscience) atau nanoteknologi (nanotechnology), saat ini banyak diteliti oleh para ilmuwan luar negeri terutama di negara maju seperti Amerika, Eropa, dan Jepang. Nanosains pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli fisika bernama Richard Phillips Feynman pada tanggal 29 Desember 1959 dalam pertemuan tahunan Masyarakat Fisika Amerika (American Physical Society) di California Institute of Technology (Richard Phillips Feynman merupakan Pemenang Hadiah Nobel Fisika tahun 1965). Pada pertemuan tersebut, Richard Phillips Feynman memberikan gambaran dari istilah nanosains yang kita kenal sekarang ini dalam pidatonya yang berjudul “There’s Plenty of Room at the Bottom”.
Sebenarnya apa yang disebut dengan nanosains?
Nanosains dan nanoteknologi adalah studi perilaku benda-benda dan struktur pada skala yang sangat kecil yaitu sekitar 1 nanometer (10^{-9} m) sampai 100 nanometer (100 \times 10^{-9} = 10^{-7} m). Istilah nano berasal dari kata Yunani yang berarti kerdil. Satuan nano merupakan ukuran panjang sebesar sepermiliar meter atau 1/1.000.000.000 meter. Panjang 1 nanometer merupakan panjang dari barisan 10 atom hidrogen, suatu ukuran yang sangat kecil.
Grid Technology
Komputasi Grid adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer yang terdistribusi dan terpisah secara geografis untuk memecahkan persoalan komputasi dalam skala besar.
Perkembangan kecepatan prosesor berkembang sesuai dengan Hukum Moore, meskipun demikian bandwith jaringan komputer berkembang jauh lebih pesat. Semakin cepatnya jalur komunikasi ini membuka peluang untuk menggabungkan kekuatan komputasi dari sumber-sumber komputasi yang terpisah. Perkembangan ini memungkinkan skala komputasi terdistribusi ditingkatkan lebih jauh lagi secara geografis, melintasi batas-batas domain administrasi yang sudah ada.

Pesatnya perkembangan teknologi komputer di negara-negara maju, membuat para penelitinya semakin haus akan tenaga komputasi yang dapat menjawab tantangan dan permasalahan yang mereka hadapi. Walaupun sudah memiliki supercomputer dengan kapasitas yang sangat tinggi , apa yang sudah ada ini pun dirasa tetap kurang, karena mereka berusaha memecahkan permasalahan yang lebih besar lagi. Setelah semua komputer yg dimiliki seorang "peneliti haus tenaga komputasi" dipergunakan habis-habisan untuk memecahkan masalahnya, setelah berbagai cara untuk memecahkan masalah dicoba, dan dipilih yang paling efisien, tetapi tetap masalahnya belum bisa dipecahkan juga, apa yang harus dia lakukan? Komputasi grid adalah salah satu jawaban dari pertanyaan ini.
Oke sekian dulu dari potingan tentang tren teknologi dimasa depan ini semoga bermaanfaat dan sampai jumpa di postingan-postingan selanjutnyaaaa :D


Referensi :

-      http://majalah1000guru.net/2011/03/nanosains-nanoteknologi/

3 comments:

Gwiyomi said...

Casino Online Terpercaya #B O L A V I T A ! - WM Casino
- SV388 Casino
- Sbobet Casino
- Play1628 Slot Casino
- GD88 Casino

Infomasi Lengkap Silakan Hubungi Customer Service Kami (Online 24jam)
WA : +62812-2222-995
BBM: B O L A V I T A

Unknown said...

Yuk Ramaikan Ulang Tahun Bolavita yang Ke 6
Dapatkan Freechips Hingga IDR 2.000.000
Bolavita Bandar Taruhan Online Terlengkap Di Indonesia
Buruan Gabung Sekarang , Jangan Sampai Ketinggalan Ya

Mari Kunjungin Segera Website kami :
www(titik)bolavita(titik)vip
www(titik)sateayam(titik)club
www(titik)pokervita(titik)live

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
Live Chat Online 24 JAM NONSTOP !!!
WA : +628122222995
Pin BBM : BOLAVITA / D8C363CA (NEW)

Putry Amouy said...

Permisi admin

numpang promo yah bos
Berjudi di dewalotto menang terus dengan jackpot jutaan rupiah setiap hari
bagi yang bingung main judi kalah terus yuk di coba d sini :

www.dewalotto.club

sillahkan di coba Keberuntungan nya bos dalam bermain di dewalotto.club
Dengan min DP 20rb & WD 20rb bos bisa memenangkan permainan Chip Rupiah Asli loh !

Untuk Info selengkapnya Hubungi kami di :

WHATSAPP : ( +855 69312579 ) 24 JAM ONLINE

Post a Comment

Total Pageviews