internal kontrol yang pernah digunakan dalam melakukan transaksi di transaksi elektronik dari sisi nasabah

Posted by Taufik Masrizal Tuesday 7 April 2020 0 comments
Internal Kontrol Pada Sisitem Aplikasi Perbankan

Penggunaan komputer dan alat-alat pendukungnya dalam kegiatan perbankan disebut sistem aplikasi yang meliputi pencatatan, penghitungan, penggolongan dan peringkasan serta pelaporan semua kegiatan dalam dunia perbankan. Tujuan dari penggunaan komputerisasi pada kegiatan operasional perbankan adalah untuk meningkatkan produktifitas, efektivitas dan efesiensi operasional perbankan dalam melayani nasabah serta memiliki data yang benar, tepat dan akurat bagi manajemen perbankan.

Layanan internal kontrol yang pernah saya gunakan

e-Banking
E-Banking didefinisikan sebagai salah satu cara transaksi bank yang dilakukan melalui eletronik seperti gadget (handphone, tablet, dsb), komputer, bahkan sampai mesin. Istilah ini lebih familiar dengan internet banking, tapi ternyata internet banking adalah salah satu bagian dari E-Banking sendiri.

Jenis-jenis e-Banking

·         ATM (Automated Teller Machine)
Sebagai sarana mempermudah layanan nasabah, pihak bank menyediakan sebuah mesin yang berfungsi sebagai teller yang disebut dengan ATM atau Automated Teller Machine. Penyebaran ATM pun sudah hampir menyeluruh sampai ke pelosok daerah. Biasanya ATM sendiri ditemukan di pom bensin besar ataupun minimarket terdekat seperti Indomaret atau Alfa Group.

·         Internet Banking

Internet telah menjadi bagian sehari-hari dalam hidup kita. Maka dari itu, perbankan pun mengeluarkan layanan internet banking sebagai salah satu fasilitas transaksi pembayaran dengan menggunakan internet. Internet banking lebih unggul daripada ATM karena dapat digunakan di media elektronik bergerak seperti gadget, tablet atau sejenisnya.

·         Mobile Banking

Sama dengan internet banking, mobile banking juga berguna untuk mempermudah layanan transaksi bank dengan media handphone, tablet atau sejenisnya. Salah satu perbankan bergerak ini sangat fleksibel dan lebih banyak pelayanannya dibandingkan layanan melalui internet banking. Sayangnya, untuk mendaftarkan mobile banking ini, perlu ke bank terlebih dahulu untuk mengkonfirmasi layanan mobile banking agar segera diaktifkan.
·         Sms  Banking
SMS atau Short Message Servive atau disebut dengan layanan pesan singkat adalah sebuah layanan yang diterapkan di media telepon genggan untuk mengirim dan menerima pesan menurut Wikipedia.org. Dengan melihat media ini, pihak bank pun tertarik menggunakannya sebagai fasilitas e-Banking yaitu dengan SMS Banking. Sama seperti Internet Banking dan Mobile Banking, layanan ini lebih mudah daripada lewat kantor cabang karena bisa menggunakannya dimanapun.
·         Phone Banking
Berbeda dengan mobile banking, phone banking adalah layanan e-Banking dengan cara menelepon Call Center bank yang dituju. Walaupun cara ini lebih tradisional atau sudah ketinggalan jaman, tapi cara ini berguna untuk  yang masih buta teknologi atau gagap teknologi.
Mudah dan fleksibel, layanan e-Banking ini sangat berguna untuk saya dan juga banyak orang yang mempunyai jam kerja/kuliah cukup padat. Walaupun pada umumnya harus mendaftarkan layanan e-Banking ini kepada bank yang dimiliki, fasilitas ini diharapkan dapat memperlancar transaksi berbayar dimanapun berada.

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews